Bangunan Unik Indonesia Yang Menjadi Pusat Perhatian

Seperti apa rasanya tidur didalam rumah botol? Atau tidur di rumah bulat dengan bentuk kubah? Atau sholat di dalam masjid bentuknya kelenteng ataupun katedral terkenal di Rusia? Nah jika penasaran dan ingin segra tahu, dibawah ini ada bangunan unik yang akan bisa membuat kamu semua tertawa dan berdecak kagum pastinya. Ada beberapa bangunan unik ala Indonesia yang meniru seni arsitektur dari beberapa negara dan menjadi pusat perhatian di dunia.

Gunongan di Aceh

Gunongan antara lain sebuah bangunan unik dengan bentuk bukit ataupun gunung di Aceh yang di bangun oleh Sultan Iskandar Muda saat awal abad ke 17. Konon, gunongan didirikan tuk mengobati kerinduan istri sultan, Puteri Phang, atas daerah asalnya yang ada di Pahang, Malaysia yang berbukit. Tinggi bangunan yang berada di Jl. Teuku Umar itu kurang lebih 9,5 meter dan punya tiga tingkat.

Rumah Botol di Bandung

Minuman berenergi rupanya tak hanya bisa memperkuat tubuh tapi juga bisa memperkuat rumah. Contohnya ialah rumah dari seorang Walikota Bandung, Ridwan Kamil, yang ada di Jalan Cigadung, Bandung. Separuh bangunan rumah ini memakai botol minuman berenergi menjadi bahan konstruksinya. Pemanfaatan botol minuman ini rupanya tak hanya berfungsi menopang bangunan saja tapi juga bisa jadi sumber cahaya ketika siang hari lewat sinar matahari yang menembus masuk melewatinya. Alhasil, penghuni rumah tak harus menyalakan lampu ketika siang hari.

Masjid “Klenteng” di Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya ialah salah satu masjid di Jl. Gading Surabaya yang punya bentuk yang unik sebab persis kelenteng. Masjid yang dibangun oleh komunitas Muslim Tionghoa Surabaya itu selesai dibangun tahun 2002. Atmosfer Tionghoa amat kental dalam bangunan masjid tersebut, mulai pintu masuk yang mirip pagoda sampai kehadiran relief naga serta patung singa. Penamaan Cheng Ho itupun diambil dari nama laksamana Dinasti Ming, Cina, yang menjadi pemimpin ekspedisi ke Nusantara awal abad ke 15. Bangunannya tersendiri mengambil inspirasi Masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun tahun 996 yang tampak kepada bagian puncak, atap utama serta mahkota. Sementara bagian bangunan yang lain mengambil dari gaya arsitektur asal Jawa dan Timur Tengah sana.

Masjid “Kremlin” di Jogja

Jika Anda pergi ke Solo dari Yogya, jangan lupa mampir ke Masjid “Kremlin” alias “Lollipop” yang letaknya ada di  Jl. Solo, Candisari, Kalasan, Sleman. Masjid tersebut sangat unik sebab bentuk menaranya meniru rupa bangunan Katedral St. Basil yang ada di Lapangan Merah, Moskow, Rusia. Mengingat arsitekturnya yang unik juga meriah semacam permen atau kastil di negri dongeng, tidak sedikit yang menyangka bangunan tersebut adalah arena permainan maupun toko suvenir, bukan masjid! Walaupun arsitektur luarnya memetik inspirasi dari Rusia, pangsa interior Masjid An-Nurumi rupanya bergaya Jawa komplit dengan mimbarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.