Hal-Hal Dramatis Dari Diri Edin Dzeko

Mungkin beberapa penggemar olahraga sepakbola tidak banyak yang tahu tentang pemain satu ini. Namun, di liga Jerman, nama Edin Dzeko.

Mungkin beberapa penggemar olahraga sepakbola tidak banyak yang tahu tentang pemain satu ini. Namun, di liga Jerman, nama Edin Dzeko melambung banyak pujian lantaran berhasil sebagai top skor di musim 2008/09. Hal tersebut menjadikan Edin Dzeko diasumsikan mirip Ibrahimovic yang mempunyai postur tinggi serta memiliki tembakan, visi dan heading yang istimewa.

Edin Dzeko

Tidak sedikit klub elit Eropa yang memiliki minat pada Edin Dzeko. Katakan saja raja Liga Italia serie A, AC Milan, ‘giant’ Premiere League Man.United, Arsenal, serta Man.City. Tetapi keempat klub tersebut tidak mampu membawa superstar muda binaan dari Wolfsbrug tersebut. Bahkan AC Milan notabene merupakan klub impian Dzeko pun menggunakan sikap tuk menyerah, meskipun sang pemain mengharap AC Milan bakal membelinya. Tapi ada hal dramatis dari diri Edin Dzeko yang tidak banyak diketahui orang sudah dihimpun situs ini khusus reportasi untuk anda:

  1. Edin Dzeko lahir 17 Maret 1986. Edin Dzeko serta keluarganya harus berhadapan dengan perang Bosnia saat Edin Dzeko berumur 6 tahun. Edin Dzeko berkisah: “Itu hal yang sukar bagi tiap masyarakat negeri ini. Kekurangan makan, tak betul-betul cukup tiga kali makan/hari. Aku betul-betul takut setiap harinya. Kami pasti wajib bersembunyi ketika tembakan terdengar maupun ada bom jatuh. Anda bisa tertembak setiap saat. Aku kian menangis saat itu. Tapi Terima kasih pada Tuhan, perang kali ini telah berakhir. “
  2. Dzeko bertemu Bosnia dan Herzegovina Premier League FK serta Edin Dzeko menjalankan debut tahun 2003, mengawali karir sebagai pemain gelandang dengan membikin 5 gol dalam 40 laga dalam 2 tahun bersama dengan klub.
  3. Edin Dzeko kemudian pindah kepada klub asal Ceko, FK Teplice terlaksana tahun 2005 dengan perolehan 80.000 Euro, dan dipinjamkan pada kasta ke-2 FK Usti Nad Labem untuk paruh musim pertama. Saat di Republik Ceko Edin Dzeko berganti posisi jadi pemain depan serta langsung dianugerahi titel striker asing paling baik.
  4. Setelah dominan lewat U19 & U21, Edin Dzeko menjalani debutnya untuk tim senior saat melawan Turki tanggal 2 Juni 2007. Edin Dzeko memberi dampak langsung, ketika mencetak gol tuk menyamakan skor sementara 2-2 tuk kemenangan Bosnia yang lalu berhasil mensiasati pertandingan 3-2.
  5. Kehebatan Edin Dzeko terdengar oleh Felix Magath, manajer VFL Wolfsburg. Magath yang membawa Wolfsburg ke Bundesliga dengan nilai transfer senilai 4million euro, dan Magath pun meneken kesepakatan sampai 2011.
  6. Magath kian cerah, dengan prestasi 5 gol di 12 pertandingan pertamanya, tetapi Magath tidak berhasil di season kedua, yang mengakibatkan harus menyelesaikan musim pertamanya di Jerman pada 8 gol dengan 28 pertandingan di Jerman.
  7. Musim akhir ada cerita unik (2008/2009), Edin Dzeko selaku setengah tapi strikeforce paling berhasil didalam histori Bundesliga dengan penyerang Brasil Grafite, saat menekuk Gerd Mueller Dan Uli Hoeness periode 1972/73. Edin Dzeko ketika itu berhasil menyumbang hingga 26 gol dari total 54 laga yang ia mainkan, hingga menolong mendorong Wolfsburg memetik gelar Bundesliga.
  8. Edin Dzeko mengakhiri musim itu dengan sarat sensasi, Edin Dzeko telah mencetak 2 kali hattrick. Hattrick utama 2 Mei saat melawan TSG 1899 Hoffenheim.
  9. Setelah membikin gol penuh sensasi itu, tidaklah lantas membuat heran Magath memnggelontorkan pujian. Magath mengatakan tentang Edin Dzeko: “Edin Dzeko adalah tipe striker yang setiap klub akan sangat menyukainnya. Edin Dzeko tidak egois, ia memiliki tembakan yang akurat serta heading tertuju, dan Edin Dzeko pun mengetahui apa yang wajib dilakukan saat Edin Dzeko menerimanya.”
  10. Meskipun memeluk agama Islam, namun Edin Dzeko tak menganggap bahwa dirinya ortodoks dan berdoa sekali dalam sehari, tidak 5 kali sebagaimana mestinya.

One thought on “Hal-Hal Dramatis Dari Diri Edin Dzeko”

Leave a Reply

Your email address will not be published.